Rabu, 09 Januari 2013

Tips mengatasi rasa kantuk di kelas saat kuliah

Tips mengatasi rasa kantuk di kelas saat kuliah

 Untuk anda yang sering mengalami rasa kantuk dasyat di kelas saat kuliah, tips berikut bisa jadi referensi. *semoga..

1. Kunyah permen. Setidaknya ini akan bikin mulut bergerak, dan yang kemungkinan besar dipikirka otak saat itu bukan lagi pengen tidur, melainkan makan permen. Permen karet juga bisa digunakan, karena ini akan lebih bikin otot-otot mulut bekerja, dibanding permen biasa yang cuma diemut.

2. Tulis atau gambar sesuatu di buku catatanmu. Bikin corat-coret nggak jelas kalau nggak tau pengen nulis apa. Yang penting lakuin aja.

3. Ajak temen ngomong, kalau perlu ngobrol sekalian. Tapi jangan ngomongin yang ngebosenin kayak “Udah ngerjain tugas ini itu belum?” Ah, nggak seru… Cari obrolan yang menarik kalau perlu sensasional, supaya mata langsung melek gitu dengernya.

4. Ngelihatin temen-temen di kelas… kadang bukannya ngantuk, malah jadi senyum-senyum sendiri. Lucu aja, ngelihat mereka masang tampang serius dengerin penjelasan dosen sambil manggut-manggut, bukan karena ngerti apa yang dijelasin dosen tapi karena ngantuk juga.


5. Cari pemandangan indah di kelas… yang bening-bening, misalnya… Mm, kalau ini kayaknya bukan malah tidur, yang ada malah ngelamunin dia.


6. Cuci muka. Cara yang paling sering dipake oleh para pengantuk di kelas. Dan kemungkinan besar ini berhasil, karena bisa membuat diri fresh untuk beberapa saat.

7. Kalau cuci muka nggak ampuh juga, biasanya gw akan melayani apa yang diinginkan otak. Tidur, tapi bukan beneran tidur. Gw akan menelungkupkan kepala untuk beberapa saat, menutup mata seolah-olah memang sedang tidur, tapi ya, nggak beneran tidur. Ini dilakukan selama beberapa saat (jangan terlalu lama, atau kamu malah jadi beneran tidur). Terus gw akan mengangkat kepala dan merasa lebih baik, nggak terlalu ngantuk lagi… untuk beberapa saat.

8. Dan kalau cara-cara di atas nggak ampuh juga, coba beneran tidur aja. Tapi, tetap, jangan terlalu lama. Dua atau tiga menit untuk mengistirahatkan mata, lalu bangun dan kamu nggak akan merasa ngantuk lagi.
Intinya kerjakan sesuatu yang bisa mengalihkan rasa kantukmu, jadi pikirannya nggak pengen tidur mulu.
selamat mempraktekkan yaahh ,, CHHAAIIYYOO!!!

2 komentar: